Tentang Kami

 
Tentang EI Data Portal

Portal data ini dibangun sebagai portal data terpadu mengenai industri ekstratif di Indonesia. Di dalam portal ini terdapat informasi yang telah diperoleh melalui Laporan EITI Indonesia. Portal ini tidak bermaksud untuk menjadi pengganti dari laporan tahunan EITI, tetapi diharapkan bisa mendorong lebih banyak analisis sektor ekstratif Indonesia yang berbasis data.

Data yang ada di dalam portal ini telah mengalami beberapa rangkaian proses untuk lebih meningkatkan kualitas dari data yang ada di dalam laporan EITI Indonesia. Jika ditemukan perbedaan antara data di laporan EITI dan portal ini, maka data di dalam portal yang dianggap sebagai versi yang lebih baru.

Portal ini dibangun dengan dukungan dari Global Affairs Canada. Implementasi dari pengembangan portal dilakukan oleh Bank Dunia dengan berkolaborasi bersama Sekretariat Nasional EITI Indonesia.

 
Tentang EITI

Extractive Industries Transparency Initiative (EITI) adalah standar global untuk mendorong keterbukaan dan akuntabilitas dari pengelolaan sumber daya alam. Semenjak tahun 2010, Indonesia telah ikut serta dan berpartisipasi aktif di dalam EITI, dan pada tahun 2014, Indonesia memperoleh status “compliant” dari Sekretariat International EITI yang berkedudukan di Oslo, Norwegia.

Melalui EITI, diharapkan perusahaan tambang, minyak bumi, dan gas untuk melaporkan pembayaran mereka kepada pemerintah. Komponen pembayaran yang dilaporkan terdiri atas: pajak, royalti, dan bentuk-bentuk pembayaran lainnya. Secara terpisah, lembaga pemerintah yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan pembayaran tersebut, juga melaporkan pembayaran yang diterima olehnya. Kedua sumber informasi terkait pembayaran tersebut akan diperiksa dan direkonsiliasi oleh lembaga independen. Hasil dari rekonsiliasi tersebut dipublikasikan secara luas, and seluruh elemen masyarakat diajak untuk aktif berdialog mengenai bagaimana pengelolaan sumber daya alam di Indonesia dijalankan berdasarkan hasil laporan rekonsiliasi tersebut. 

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari keikutsertaan Indonesia di dalam EITI. Bagi pemerintah, EITI dapat dimanfaatkan untuk mendeteksi kebocoran penerimaan negara dari hasil pengelolaan sumber daya alam dan juga untuk menekankan komitmen pemerintah dalam pemberantasan korupsi serta mendorong transparansi di sektor sumber daya alam. Untuk perusahaan, EITI bisa dimanfaatkan untuk membangun kepercayaan antara masyarakat dengan pelaku industri, terutama untuk masyarakat lokal di mana perusahaan ekstratif beroperasi. Untuk masyarakat sipil (NGO, media, institusi pendidikan, dll), partisipasi di dalam EITI akan membantu pemahaman masyarakat akan sektor ini, dan mendorong adanya dialog yang sehat terkait pengelolaan sumber daya alam di Indonesia. Oleh karena itu, tidak hanya pengetahuan teknis saja yang dibutuhkan untuk membuat EITI bisa bermanfaat di Indonesia, komunikasi dan strategi pelibatan masyarakat yang baik berperan sangat besar untuk memastikan manfaat dari EITI.

EITI dijalankan di Indonesia melalui mekanisme multi-stakeholder group (MSG) yang terdiri atas perwakilan pemerintah, perusahaan, dan masyarakat sipil. MSG bertanggung jawab untuk menentukan arah strategis dari EITI, sedangkan untuk aktivitas harian, EITI dikelola oleh Sekretariat Nasional EITI yang berada di bawah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

 

Persyaratan Penggunaan Data di dalam Portal Ini

Dengan mengakses laman ini, anda telah menyetujui, memahami, dan terikat dengan persyaratan penggunaan dari [tautan resmi portal] yang selanjutnya disebut sebagai “portal” yang dipaparkan di bawah:

  1. Seluruh data yang ada di dalam portal ini bersumber dari perusahaan-perusahaan dan berbagai Kementerian/Lembaga di Indonesia yang terkait dengan industri ekstraktif yang kemudian dikumpulkan menjadi laporan EITI Indonesia.

  2. Portal ini menampilkan bentuk digital dari data yang terkandung di dalam laporan EITI Indonesia. Keabsahan dari data yang ada di dalam portal bergantung kepada pemilik data sesungguhnya dan proses-proses yang dilaluinya sampai menjadi laporan EITI Indonesia.

  3. Data yang ada di dalam portal terikat pada batasan dari cakupan laporan EITI Indonesia. Batasan cakupan tersebut antara lain: periode data yang ada di portal, jumlah perusahaan yang tercakup, dan hal-hal lain yang tercantum di dalam Ruang Lingkup pelaporan EITI Indonesia - http://eiti.ekon.go.id/category/download/ruang-lingkup/

  4. Dengan mengakses portal ini, pengguna setuju untuk menggunakan portal hanya untuk tujuan yang sah, dan dengan cara yang tidak melanggar hak-hak atau membatasi atau menghambat penggunaan oleh pihak ketiga atau pihak lain. Pengguna dilarang posting atau mengirimkan melalui portal segala sesuatu yang melanggar hukum, memfitnah, cabul, menyinggung atau skandal, atau materi yang merupakan atau mendorong tindakan yang akan melanggar hukum.